Latihan Soal SKI Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 dan Kunci Jawaban
Pada bahasan kali ini, kita akan membahas latihan soal SKI kelas 9 MTs untuk semester 1 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Tujuan latihan soal ini adalah untuk lebih memperdalam kembali pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas 9 untuk semester ganjil.
Latihan soal SKI ini merupakan rangkuman dari materi pembelajaran, sebagai bahan untuk persiapan dalam menghadapi penilaian UH, PTS, PAS dan PAT kelas 9 MTs/SMP yang kami bagi kedalam beberapa sub bab bahasan.
I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C dan D dibawah ini dengan tepat dan benar!
Bab : Sejarah Masuknya Islam di Indonesia
1. Islam masuk di Indonesia dibawa oleh pedagang muslim dari Arab, Persia, dan India. Mereka membentuk pemukiman khusus guna beriteraksi dan berasimilasi dengan masyarakat asli seraya menyebarkan agama Islam. Pemukiman mereka dikenal dengan istilah ....
A. Kampung Kauman
B. Kampung Pekajen
1. Islam masuk di Indonesia dibawa oleh pedagang muslim dari Arab, Persia, dan India. Mereka membentuk pemukiman khusus guna beriteraksi dan berasimilasi dengan masyarakat asli seraya menyebarkan agama Islam. Pemukiman mereka dikenal dengan istilah ....
A. Kampung Kauman
B. Kampung Pekajen
C. Kampung Pekojan
D. Kampung Pecinan
Jawab: C
2. Salah satu cara penyebaran Agama Islam di Indonesia melalui pendidikan yang diselenggarakan oleh guru agama, kyai serta ulama. Pusat pendidikan yang dijadikan sebagai media penyebaran Islam di Indonesia pertama kali melalui ....
D. Kampung Pecinan
Jawab: C
2. Salah satu cara penyebaran Agama Islam di Indonesia melalui pendidikan yang diselenggarakan oleh guru agama, kyai serta ulama. Pusat pendidikan yang dijadikan sebagai media penyebaran Islam di Indonesia pertama kali melalui ....
A. Pondok Pesantren
B. Panti asuhan
C. Yayasan
D. Sekolah
Jawab: A
3. Perkembangan Islam di Pulau Jawa terjadi sangat cepat, seiring dengan semakin lemahnya kerajaan Majapahit. Di bawah ini merupakan salah satu faktor yang mempermudah penyebaran Islam di Indonesia adalah ....
A. Ajaran agama Islam mengenal kasta
B. Upacara keagamaan dalam Islam sangat tidak sederhana
B. Panti asuhan
C. Yayasan
D. Sekolah
Jawab: A
3. Perkembangan Islam di Pulau Jawa terjadi sangat cepat, seiring dengan semakin lemahnya kerajaan Majapahit. Di bawah ini merupakan salah satu faktor yang mempermudah penyebaran Islam di Indonesia adalah ....
A. Ajaran agama Islam mengenal kasta
B. Upacara keagamaan dalam Islam sangat tidak sederhana
C. Penyebaran agama Islam disesuaikan dengan adat dan tradisi
D. Syarat masuk agama Islam dengan beberapa syarat yang beraneka ragam
Jawab: C
4. Masuknya Islam di Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang muslim yang berasal dari Timur Tengah yang terjadi sekitar abad ke 7 M. Hal ini berdasarkan teori ....
A. India
B. Persia
C. Gujarat
D. Syarat masuk agama Islam dengan beberapa syarat yang beraneka ragam
Jawab: C
4. Masuknya Islam di Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang muslim yang berasal dari Timur Tengah yang terjadi sekitar abad ke 7 M. Hal ini berdasarkan teori ....
A. India
B. Persia
C. Gujarat
D. Makkah
Jawab: D
5. Penyebaran Islam dengan cara tasawuf juga mewarnai dinamika sejarah Islam di Indonesia dan berikut ini adalah tokoh tasawuf Indonesia yang terkenal adalah ….
Jawab: D
5. Penyebaran Islam dengan cara tasawuf juga mewarnai dinamika sejarah Islam di Indonesia dan berikut ini adalah tokoh tasawuf Indonesia yang terkenal adalah ….
A. Hamzah Fansuri
B. Syekh Abdul Kahfi
C. Muhammad Nuruddin
D. Abdul Somad Muhammad
Jawab: A
6. Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang dimiliki oleh setiap kelompok masyarakat Indonesia. Karena kepandaian para pendakwah Islam pada masa lalu kesenian memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Nusantara. Di antara kesenian yang dijadikan sebagai media dakwah adalah …
A. Ludruk
B. Ketoprak
B. Syekh Abdul Kahfi
C. Muhammad Nuruddin
D. Abdul Somad Muhammad
Jawab: A
6. Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang dimiliki oleh setiap kelompok masyarakat Indonesia. Karena kepandaian para pendakwah Islam pada masa lalu kesenian memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Nusantara. Di antara kesenian yang dijadikan sebagai media dakwah adalah …
A. Ludruk
B. Ketoprak
C. Wayang Kulit
D. Kuda Lumping
Jawab: C
7. Berdasarkan bukti-bukti sejarah ada yang berpendapat bahwa Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. atau abad ke-1 Hijriyah. Masuknya Islam ke Indonesia salah satunya melalui jalur selatan yaitu dengan rute ….
A. Arab (Mekkah dan Madinah) Damaskus-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
B. Arab (Mekkah dan Madinah) Palestina-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
C. Arab (Mekkah dan Madinah) Yordania-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
D. Kuda Lumping
Jawab: C
7. Berdasarkan bukti-bukti sejarah ada yang berpendapat bahwa Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M. atau abad ke-1 Hijriyah. Masuknya Islam ke Indonesia salah satunya melalui jalur selatan yaitu dengan rute ….
A. Arab (Mekkah dan Madinah) Damaskus-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
B. Arab (Mekkah dan Madinah) Palestina-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
C. Arab (Mekkah dan Madinah) Yordania-Bagdad-Gujarat (pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
D. Arab (Mekkah dan Madinah) Yaman-Gujarat ( pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia
Jawab: D
8. Ada beberapa faktor yang menyebabkan proses penyebaran Islam di Nusantara berjalan dengan aman dan lancar. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab agama Islam dapat berkembang cepat di Indonesia adalah ….
A. Agama Islam tidak mengenal kasta
B. Syarat masuk agama Islam sangat mudah
C. Sifat bangsa Indonesia yang ramah dan tamah
Jawab: D
8. Ada beberapa faktor yang menyebabkan proses penyebaran Islam di Nusantara berjalan dengan aman dan lancar. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab agama Islam dapat berkembang cepat di Indonesia adalah ….
A. Agama Islam tidak mengenal kasta
B. Syarat masuk agama Islam sangat mudah
C. Sifat bangsa Indonesia yang ramah dan tamah
D. Bila masuk Islam harus membayar mahar
Jawab: D
9. Teori yang menjelaskan bahwa Islam tiba di Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang muslim dari Timur Tengah pada sekitar abad ke-7 M, yaitu oleh orang-orang dari ….
A. Persia
Jawab: D
9. Teori yang menjelaskan bahwa Islam tiba di Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang muslim dari Timur Tengah pada sekitar abad ke-7 M, yaitu oleh orang-orang dari ….
A. Persia
B. Gujarat
C. Makkah
D. Mesir
Jawab: C
10. Perhatikan data berikut: 1) Masjid 2) Sanggar 3) Padepokan 4) Langgar/Surau 5) Pondok Pesantren
Penyebaran Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran banyak dilakukan di tempat-tempat ....
A. 1,3 dan 5
C. Makkah
D. Mesir
Jawab: C
10. Perhatikan data berikut: 1) Masjid 2) Sanggar 3) Padepokan 4) Langgar/Surau 5) Pondok Pesantren
Penyebaran Islam di Nusantara melalui pendidikan dan pengajaran banyak dilakukan di tempat-tempat ....
A. 1,3 dan 5
B. 1,4 dan 5
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
Jawab: B
Bab : Kerajaan Islam di Indonesia
1. Pertumbuhan dan perkembangan Islam tidak terlepas dari peran penting beberapa kerajaan Islam yang berdiri di Nusantara. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah kerajaan Demak yang didirikan oleh ....
A. Syarif Hidayatullah
B. Sultan Trenggono
C. Adipati Unus
D. Raden Fatah
Jawab: D
2. Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati adalah seorang yang memiliki peranan penting dalam proses berdirinya kerajaan Islam ....
A. Banten
B. Cirebon
C. 2,3 dan 4
D. 2,4 dan 5
Jawab: B
Bab : Kerajaan Islam di Indonesia
1. Pertumbuhan dan perkembangan Islam tidak terlepas dari peran penting beberapa kerajaan Islam yang berdiri di Nusantara. Kerajaan Islam pertama di Jawa adalah kerajaan Demak yang didirikan oleh ....
A. Syarif Hidayatullah
B. Sultan Trenggono
C. Adipati Unus
D. Raden Fatah
Jawab: D
2. Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati adalah seorang yang memiliki peranan penting dalam proses berdirinya kerajaan Islam ....
A. Banten
B. Cirebon
C. Mataram
D. Samudra Pasai
Jawab: C
3. Puncak kejayaan kerajaan Mataram diantaranya memiliki semangat bahari dan cita-cita menyatukan Pulau Jawa yaitu pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Amangkurat II
D. Samudra Pasai
Jawab: C
3. Puncak kejayaan kerajaan Mataram diantaranya memiliki semangat bahari dan cita-cita menyatukan Pulau Jawa yaitu pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Amangkurat II
B. Sultan Agung Hanyokrokusumo
C. Panembahan Senopari
D. Mas Jolang
Jawab: B
4. Perhatikan data berikut!
No. Nama Tokoh
1. Syarif Hidayatullah
2. Fatahillah
3. Walangsungsang
4. Pangeran Emas
Berdasarkan data diatas, yang termasuk pendiri kerajan Cirebon adalah ....
A. 1 dan 2
C. Panembahan Senopari
D. Mas Jolang
Jawab: B
4. Perhatikan data berikut!
No. Nama Tokoh
1. Syarif Hidayatullah
2. Fatahillah
3. Walangsungsang
4. Pangeran Emas
Berdasarkan data diatas, yang termasuk pendiri kerajan Cirebon adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
Jawab: B
5. Kedatangan pasukan kerajaan Demak yang dipimpin Maulana Hasanudin ke wilayah Banten memiliki tujuan ....
A. Perluasan wilayah dan misi perdamaian
B. Perluasan wilayah dan misi perdagangan
C. Perluasan wilayah dan kerjasama bidang ekonomi
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
Jawab: B
5. Kedatangan pasukan kerajaan Demak yang dipimpin Maulana Hasanudin ke wilayah Banten memiliki tujuan ....
A. Perluasan wilayah dan misi perdamaian
B. Perluasan wilayah dan misi perdagangan
C. Perluasan wilayah dan kerjasama bidang ekonomi
D. Perluasan wilayah dan penyebaran dakwah Islam
Jawab: D
6. Latar belakang Maulana Hasanudin melakukan perluasan wilayah di kerajaan Banten karena dipicu adanya kerjasama antara ....
A. Sunda - Belanda
Jawab: D
6. Latar belakang Maulana Hasanudin melakukan perluasan wilayah di kerajaan Banten karena dipicu adanya kerjasama antara ....
A. Sunda - Belanda
B. Sunda - Portugal
C. Banten - VOC
D. Banten – Portugis
Jawab: B
7. Putera Sultan Ageng Tirtayasa yang melakukan kompromi dan kerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda adalah ....
C. Banten - VOC
D. Banten – Portugis
Jawab: B
7. Putera Sultan Ageng Tirtayasa yang melakukan kompromi dan kerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda adalah ....
A. Sultan Haji
B. Sultan Agung
C. Sultan Hasanuddin
D. Maulan Muhammad
Jawab: A
8. Kehidupan sosial masyarakat Samudera Pasai diwarnai oleh ajaran Islam yang ditunjang dengan diberlakukannya hukum Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Adapun peran kerajaan Samudera Pasai dalam menyebarkan Islam adalah ....
B. Sultan Agung
C. Sultan Hasanuddin
D. Maulan Muhammad
Jawab: A
8. Kehidupan sosial masyarakat Samudera Pasai diwarnai oleh ajaran Islam yang ditunjang dengan diberlakukannya hukum Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Adapun peran kerajaan Samudera Pasai dalam menyebarkan Islam adalah ....
A. Menularkan cara hidup khas Timur Tengah
B. Menularkan tradisi-tradisi yang berlaku
C. Mempertahankan kebiasaan masyarakat sebelum Islam
D. Menghilangkan kebuyaan asli
Jawab: A
9. Kerajaan Aceh Darussalam mengalami perkembangan pesat dan mencapai masa keemasan yang berhasil menguasai jalur perdagangan aternatif serta mampu menyaingi monopoli perdagangan Portugis di Kerajaan Malaka. Pada masa kejayaan tersebut penguasa kerajaan Aceh Darussalaam bernama ....
A. Sultan Alauddin
B. Menularkan tradisi-tradisi yang berlaku
C. Mempertahankan kebiasaan masyarakat sebelum Islam
D. Menghilangkan kebuyaan asli
Jawab: A
9. Kerajaan Aceh Darussalam mengalami perkembangan pesat dan mencapai masa keemasan yang berhasil menguasai jalur perdagangan aternatif serta mampu menyaingi monopoli perdagangan Portugis di Kerajaan Malaka. Pada masa kejayaan tersebut penguasa kerajaan Aceh Darussalaam bernama ....
A. Sultan Alauddin
B. Sultan Iskandar Muda
C. Sultan Iskandar Sani
D. Sultan Mahmud
Jawab: B
10. Sebelum abad ke 16 M, raja-raja Makasar belum memeluk agama Islam. Raja-raja tersebut baru memeluk Islam setelah kedatangan seorang penyiar Islam dari Sumatera yang bernama ....
A. Sultan Babullah
B. Sultan Hasanuddin
C. Sultan Iskandar Sani
D. Sultan Mahmud
Jawab: B
10. Sebelum abad ke 16 M, raja-raja Makasar belum memeluk agama Islam. Raja-raja tersebut baru memeluk Islam setelah kedatangan seorang penyiar Islam dari Sumatera yang bernama ....
A. Sultan Babullah
B. Sultan Hasanuddin
C. Dato’ Ri Bandang
D. Karaeng Matowaya
Jawab: C
Bab : Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia
1. Perhatikan daftar di bawah ini!
No. Klasifikasi Pondok
1. Salaf - Khalaf
2. Hafidz al-Qur’an - Qira’ah al Kutub
3. Klasik - Modern
4. Asrama - Boarding school
Klasifikasi Pondok pesantren berdasarkan materi yang diajarkan, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab: A
2. Nilai-nilai positif yang dapat kita rasakan dari pembelajaran yang dikembangkan di Pondok pesantren salah satunya adalah learning to live together, yaitu ....
A. Belajar untuk menjadi
B. Belajar untuk melakukan
C. Belajar untuk diri sendiri
D. Belajar untuk hidup bersama orang lain
Jawab: D
3. Pernyataan di bawah ini merupakan salah satu Peran pondok pesantren dalam dakwah Islam di Indonesia ....
A. Ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa
B. Ikut berpartisipasi dalam membangun tempat tinggal santri
C. Ikut berpartisipasi dalam mensejahterakan rakyat
D. Ikut membangung dalam bidang perekonomian
Jawab: A
4. Pelajaran yang dapat kita petik dari keberhasilan para santri yang berguna bagi nusa dan bangsa adalah ....
A. Sikap berani dan gigih dalam menuntut ilmu
B. Sikap praktis dalam menuntut ilmu
C. Sikap berani mati jihad fisabilillah
D. Sikap ujub dan riya’
Jawab: A
5. Perhatikan daftar di bawah ini!
No. Komponen
1. Masjid, asrama, Kiai, santri, kitab kuning
2. Masjid, asrama, Ustadz, santri, kitab pegon
3. Kiai, santri, masjid, asrama, kitab kuning
4. Kiai, badal, santri, asrama dan kitab pegon
Komponen utama pada Pondok pesantren salaf, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab: A
6. Pendidikan pesantren mempunyai peranan yang sangat besar dalam dakwah Islam di Indonesia. Kesesuaian lokasi dan nama pesantren yang sesuai pada tabel di bawah ini adalah .…
Pilihan Nama Pesantren Tempat/Lokasi
A. Tebuireng Jawa timur
B. Ploso jogjakarta
C. Buntet Jawa Barat
D. Tremas Madura
Jawab: A
7. Kitab kuning merupakan ciri sebuah pondok pesantren salaf di Jawa. Metode dalam menterjemahkan kitab kuning terkesan unik, banyak disoroti oleh kalangan di luar pesantren, yaitu ….
A. Metode bandongan
B. Metode sorogan
C. Metode utawi iki-iku
D. Metode klasikal
Jawab: B
8. Pondok pesantren mempunyai dimensi yang akan terus melekat dan menjadi nilai lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu .…
A. Dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan pendidikan
B. Dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan keagamaan
C. Dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kultural
D. Dimensi pendidikan terintegrasi dengan sosial politik
Jawab: C
9. Kitab kuning merupakan materi utama dalam pendidikan pesantren. Selain itu ada istilah kitab pegon yaitu .…
A. Kitab terjemah bahasa indonesia
B. Kitab terjemah arab dengan aksara jawa
C. Kitab terjemah jawa dengan huruf hijaiyah
D. Kitab terjemah jawa dengan huruf latin
Jawab: C
10. Hikmah yang dapat kita ambil dari metode pembelajaran sorogan yang masih digunakan di pondok pesantren salaf adalah .…
A. Terjadi proses evaluasi yang efektif dan efisien
B. Terjadi proses pembelajaran yang membosankan
C. Proses pembelajaran kurang efektif dan efisien
D. Proses pembelajaran tidak menyesuaikan perkembangan jaman
Jawab: A
Bab : Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia
1. Lahirnya seni tradisi Islam baik di Jawa maupun di luar Jawa dengan berbagai nama dan istilahnya merupakan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Kesesuaian antara tradisi Islam Nusantara dengan asal daerahnya adalah ....
A. Madura : sekaten
B. Bugis : tari pergaulan
C. Sunda : wayang
D. Jawa : menata konde
Jawab: B
2. Upacara dari daerah Kampar Riau yang dilaksanakan sehari menjelang datangnya bulan Ramadhan dengan cara mandi bersuci disertai dengan wewangian bahkan juga menggunakan jeruk nipis, jeruk purut dan jeruk kapas. Kearifan lokal tersebut dinamakan ....
A. Petang Megang
B. Mandi Ramadhan
C. Ruwahan
D. Mandi Balimau Kasai
Jawab: D
3. Wayang dapat dijadikan sebagai media dakwah. Diantara cerita pewayangan yang bernafaskan karya Sunan Kalijaga adalah...
A. Cerita Bratayuda
B. Cerita Ramayana
C. Jamus Kalimasada
D. Babad alas Kusumo
Jawab: C
4. Salah satu kesenian Islam yang diiringi dengan musik rebana, genjring dan ditampilkan dengan arak arakan merupakan pengertian dari ....
A. Tari Pergaulan
B. Tari Zapin
C. Kasidah
D. Hadrah
Jawab: C
5. Berikut ini adalah contoh adanya kesesuaian antara seni Islam dengan daerah aslinya adalah ....
A. Jawa : Cucurak
B. Madura : Sekaten
C. Sunda : Tingkeban
D. Madura : Petang Megang
Jawab: C
6. Upacara kematian seseorang dibeberapa wilayah Nusantara memiliki cara yang berbeda. Salah satunya upacara kematian di daerah Bugis ....
A. Sadranan
B. Ammateang
C. Mabbarazanji
D. Reuneuh Meundingen
Jawab: B
7. Kearifan lokal di Nusantara memiliki ciri dan tujuan yang berbeda beda. Diantaranya upacara Rokat Tase di Madura yang bertujuan ....
A. Mensyukuri nikmat Allah agar diberi keselamatan dan kelancaran rizki
B. Memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW
C. Mendoakan arwah leluhur yang telah meninggal
D. Menyambut datangnya bulan Ramadhan
Jawab: A
8. Wayang dan Kasidah merupakan kesenian Islam sebagai media dakwah para ulama. Nilai yang terkandung dalam kesenian wayang adalah ....
A. Religius, pendidikan dan filosofis
B. Religius. pendidikan dan sosial
C. Religius, pendidikan dan budaya
D. Religius. Pendidikan dan politik
Jawab: C
9. Keberagaman tradisi Islam menjadikan wilayah Nusantara kaya akan budaya. Dibawah ini merupakan bentuk kearifan lokal yang berkembang di Indonesia ....
A. Tahlilan
B. Kasodo
C. Ngaben
D. Larungan
Jawab: A
10. Seni budaya Islam yang berkembang di Indonesia sampai saat ini kemanfaatannya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Upacara sekaten yang dulu berfungsi sebagai media dakwah penyebaran Islam, namun untuk saat ini dijadikan sebagai ....
A. Media hiburan menyambut Idul Fitri
B. Media hiburan merayakan maulid Nabi Muhammad Saw.
C. Media komunikasi menyambut bulan Ramadhan
D. Media komunikasi mempersatukan budaya Islam
D. Karaeng Matowaya
Jawab: C
Bab : Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia
1. Perhatikan daftar di bawah ini!
No. Klasifikasi Pondok
1. Salaf - Khalaf
2. Hafidz al-Qur’an - Qira’ah al Kutub
3. Klasik - Modern
4. Asrama - Boarding school
Klasifikasi Pondok pesantren berdasarkan materi yang diajarkan, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab: A
2. Nilai-nilai positif yang dapat kita rasakan dari pembelajaran yang dikembangkan di Pondok pesantren salah satunya adalah learning to live together, yaitu ....
A. Belajar untuk menjadi
B. Belajar untuk melakukan
C. Belajar untuk diri sendiri
D. Belajar untuk hidup bersama orang lain
Jawab: D
3. Pernyataan di bawah ini merupakan salah satu Peran pondok pesantren dalam dakwah Islam di Indonesia ....
A. Ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa
B. Ikut berpartisipasi dalam membangun tempat tinggal santri
C. Ikut berpartisipasi dalam mensejahterakan rakyat
D. Ikut membangung dalam bidang perekonomian
Jawab: A
4. Pelajaran yang dapat kita petik dari keberhasilan para santri yang berguna bagi nusa dan bangsa adalah ....
A. Sikap berani dan gigih dalam menuntut ilmu
B. Sikap praktis dalam menuntut ilmu
C. Sikap berani mati jihad fisabilillah
D. Sikap ujub dan riya’
Jawab: A
5. Perhatikan daftar di bawah ini!
No. Komponen
1. Masjid, asrama, Kiai, santri, kitab kuning
2. Masjid, asrama, Ustadz, santri, kitab pegon
3. Kiai, santri, masjid, asrama, kitab kuning
4. Kiai, badal, santri, asrama dan kitab pegon
Komponen utama pada Pondok pesantren salaf, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawab: A
6. Pendidikan pesantren mempunyai peranan yang sangat besar dalam dakwah Islam di Indonesia. Kesesuaian lokasi dan nama pesantren yang sesuai pada tabel di bawah ini adalah .…
Pilihan Nama Pesantren Tempat/Lokasi
A. Tebuireng Jawa timur
B. Ploso jogjakarta
C. Buntet Jawa Barat
D. Tremas Madura
Jawab: A
7. Kitab kuning merupakan ciri sebuah pondok pesantren salaf di Jawa. Metode dalam menterjemahkan kitab kuning terkesan unik, banyak disoroti oleh kalangan di luar pesantren, yaitu ….
A. Metode bandongan
B. Metode sorogan
C. Metode utawi iki-iku
D. Metode klasikal
Jawab: B
8. Pondok pesantren mempunyai dimensi yang akan terus melekat dan menjadi nilai lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu .…
A. Dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan pendidikan
B. Dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan keagamaan
C. Dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kultural
D. Dimensi pendidikan terintegrasi dengan sosial politik
Jawab: C
9. Kitab kuning merupakan materi utama dalam pendidikan pesantren. Selain itu ada istilah kitab pegon yaitu .…
A. Kitab terjemah bahasa indonesia
B. Kitab terjemah arab dengan aksara jawa
C. Kitab terjemah jawa dengan huruf hijaiyah
D. Kitab terjemah jawa dengan huruf latin
Jawab: C
10. Hikmah yang dapat kita ambil dari metode pembelajaran sorogan yang masih digunakan di pondok pesantren salaf adalah .…
A. Terjadi proses evaluasi yang efektif dan efisien
B. Terjadi proses pembelajaran yang membosankan
C. Proses pembelajaran kurang efektif dan efisien
D. Proses pembelajaran tidak menyesuaikan perkembangan jaman
Jawab: A
Bab : Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia
1. Lahirnya seni tradisi Islam baik di Jawa maupun di luar Jawa dengan berbagai nama dan istilahnya merupakan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Kesesuaian antara tradisi Islam Nusantara dengan asal daerahnya adalah ....
A. Madura : sekaten
B. Bugis : tari pergaulan
C. Sunda : wayang
D. Jawa : menata konde
Jawab: B
2. Upacara dari daerah Kampar Riau yang dilaksanakan sehari menjelang datangnya bulan Ramadhan dengan cara mandi bersuci disertai dengan wewangian bahkan juga menggunakan jeruk nipis, jeruk purut dan jeruk kapas. Kearifan lokal tersebut dinamakan ....
A. Petang Megang
B. Mandi Ramadhan
C. Ruwahan
D. Mandi Balimau Kasai
Jawab: D
3. Wayang dapat dijadikan sebagai media dakwah. Diantara cerita pewayangan yang bernafaskan karya Sunan Kalijaga adalah...
A. Cerita Bratayuda
B. Cerita Ramayana
C. Jamus Kalimasada
D. Babad alas Kusumo
Jawab: C
4. Salah satu kesenian Islam yang diiringi dengan musik rebana, genjring dan ditampilkan dengan arak arakan merupakan pengertian dari ....
A. Tari Pergaulan
B. Tari Zapin
C. Kasidah
D. Hadrah
Jawab: C
5. Berikut ini adalah contoh adanya kesesuaian antara seni Islam dengan daerah aslinya adalah ....
A. Jawa : Cucurak
B. Madura : Sekaten
C. Sunda : Tingkeban
D. Madura : Petang Megang
Jawab: C
6. Upacara kematian seseorang dibeberapa wilayah Nusantara memiliki cara yang berbeda. Salah satunya upacara kematian di daerah Bugis ....
A. Sadranan
B. Ammateang
C. Mabbarazanji
D. Reuneuh Meundingen
Jawab: B
7. Kearifan lokal di Nusantara memiliki ciri dan tujuan yang berbeda beda. Diantaranya upacara Rokat Tase di Madura yang bertujuan ....
A. Mensyukuri nikmat Allah agar diberi keselamatan dan kelancaran rizki
B. Memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW
C. Mendoakan arwah leluhur yang telah meninggal
D. Menyambut datangnya bulan Ramadhan
Jawab: A
8. Wayang dan Kasidah merupakan kesenian Islam sebagai media dakwah para ulama. Nilai yang terkandung dalam kesenian wayang adalah ....
A. Religius, pendidikan dan filosofis
B. Religius. pendidikan dan sosial
C. Religius, pendidikan dan budaya
D. Religius. Pendidikan dan politik
Jawab: C
9. Keberagaman tradisi Islam menjadikan wilayah Nusantara kaya akan budaya. Dibawah ini merupakan bentuk kearifan lokal yang berkembang di Indonesia ....
A. Tahlilan
B. Kasodo
C. Ngaben
D. Larungan
Jawab: A
10. Seni budaya Islam yang berkembang di Indonesia sampai saat ini kemanfaatannya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Upacara sekaten yang dulu berfungsi sebagai media dakwah penyebaran Islam, namun untuk saat ini dijadikan sebagai ....
A. Media hiburan menyambut Idul Fitri
B. Media hiburan merayakan maulid Nabi Muhammad Saw.
C. Media komunikasi menyambut bulan Ramadhan
D. Media komunikasi mempersatukan budaya Islam
Jawab: B
Demikian bahasan tentang latihan soal SKI kelas 9 SMP/MTs semester 1 dan kunci jawaban. Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Latihan Soal SKI Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 dan Kunci Jawaban"