Latihan Soal SKI Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 dan Kunci Jawaban

Pada bahasan kali ini, kita akan membahas latihan soal SKI kelas 9 MTs untuk semester 2 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Tujuan latihan soal ini adalah untuk lebih memperdalam kembali pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas 9 untuk semester genaf.


Latihan soal SKI ini adalah rangkuman daripada materi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, sebagai bahan untuk persiapan dalam menghadapi penilaian UH, PTS, PAS dan PAT kelas 9 MTs/SMP yang kami bagi kedalam beberapa sub bab bahasan.

I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C dan D dibawah ini dengan tepat dan benar!

Bab : Kisah Wali Songo

1. Penyeberan Islam di pulau Jawa tidak bisa lepas dari peran Wali Songo yang dengan penuh toleransi dan bijaksana dalam menyebarkan Islam kepada masyarakat Jawa. Tokoh Wali Songo yang kedatanganya dianggap sebagai awal masuknya Islam di Jawa adalah ….
A. Maulana Malik Ibrahim
B. Sunan Ampel
C. Raden Makdum Ibrahim
D. Sunan Gunung Jati

Jawab: A

2. Raden Rahmat adalah salah satu tokoh Wali Songo yang berperan besar dalam penyebaran Islam di pulau Jawa dan dianggap sebagai gurunya para Wali Songo. Beliau mulai berdakwah di ….
A. Tuban
B. Demak
C. Ampel
D. Gresik

Jawab: C

3. Perhatikan data berikut!
1. Raden Paku
2. Raden Sahid
3. Raden ‘Ainul Yakin
4. Lokajaya
5. Joko Samudro
Sunan Giri memiliki banyak nama panggilan yang diberikan oleh masyarakat kepadanya.
Dari data di atas yang termasuk nama panggilan Sunan Giri ditunjukkan pada nomor ….
A. 1, 2, 5
B. 1, 3, 5
C. 2, 3, 4
D. 3, 4, 5

Jawab: B

4. Untuk memajukan penyebaran Islam di Jawa, Madura, Lombok, Kalimantan dan sekitarnya, Sunan Giri mendirikan pemerintahan mandiri di Giri Kedaton yang terletak di daerah ….
A. Gresik
B. Lamongan
C. Ampel Denta.
D. Kudus

Jawab: A

5. Sunan Bonang yang bernama asli Makdum Ibrahim berperan besar dalam berdirinya kesultanan Demak karena beliau yang mendidik Raden Fatah menjadi pemimpin yang shaleh. Setelah wafat, Sunan Bonang dimakamkan di daerah ....
A. Demak
B. Lamongan
C. Gresik
D. Tuban

Jawab: D

6. Para Wali Songo banyak yang berdakwah melalui kesenian karena seni merupakan salah satu metode dakwah Islam yang efektif di kalangan masyarakat. Bahkan pada saat ini masih banyak seni peninggalan para wali yang masih digemari oleh masyarakat termasuk karya seni yang dibuat oleh Sunan Bonang yaitu ….
A. Cublak-cublak Suweng
B. Wayang
C. Tembang Lir-ilir
D. Tembang Tombo Ati

Jawab: B

7. Perjalanan hidup Sunan Kalijaga sebelum menjadi salah satu Wali Songo sempat pernah menjadi kepala para perampok yang sangat ditakuti, namun beliau juga senang membela rakyat kecil yang tertindas oleh orang-orang kaya. Sunan Kalijaga saat itu dikenal dengan nama ….
A. Cakrabuana
B. Lokajaya
C. Pangeran Satmata
D. Kebo Anabrang

Jawab: B

8. Dalam berdakwah Islam para Wali Songo banyak menggunakan pendekatan seni budaya yang banyak digemari oleh masyarakat pada saat itu, termasuk seni musik atau tembang. Berikut ini merupakan seni musik peninggalan Sunan Drajat yang berupa tembang yaitu ….
A. Dandanggula
B. Lir-ilir
C. Pangkur
D. Asmarandana

Jawab: C

9. Waliyul ‘Ilmi adalah julukan yang diberikan kepada Sunan Kudus karena keluasan pengetahuan ilmu agamanya dan menjadi penasihat penguasa Kerajaan Demak. Sunan Kudus bernama asli ….
A. Syarif Hidayatulloh
B. Ja’far Shadiq
C. Sayid Abdurrahman
D. Raden Kosim

Jawab: B

10. Tokoh Wali Songo yang ditugaskan untuk berdakwah di wilayah Cirebon dan sekitarnya adalah ….
A. Sunan Muria
B. Sunan Maulana Malik Ibrahim
C. Sunan Kalijaga
D. Sunan Gunung Jati

Jawab: D

Bab : Syaikh Abdul Rauf As-Singkili dan Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari

1. Syaikh Abdur Rauf Singkel adalah seorang ulama besar dan tokoh tasawuf dari Aceh yang pertama kali membawa dan mengembangkan tarekat Syattariyah di Indonesia, nama aslinya adalah ….
A. Abdullah Soleh
B. Abdur Rauf Mahlubi
C. Abdurrohman Soleh
D. Abdur Rauf al-Fansuri

Jawab: D

2. Karya besar Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang sangat terkenal dan menjadi rujukan bagi umat Islam di Asia Tenggara adalah ....
A. Kitab Sabilal Muhtadin
B. Kitab Umdat Al Muhtajin
C. Kitab Ihya Ulumuddin
D. Kitab Turjuman Al Mustafid

Jawab: A

3. Salah satu contoh ibrah keteladanan Syaikh Abdur Rauf Singkel yang berperan dalam kemajuan Peradaban Islam yaitu .…
A. Kerja keras dan pantang menyerah
B. Pantang menyerah dan bermegah-megahan
C. Tawakkal dan suudzon
D. Pemberani dan sombong

Jawab: A

4. Abdur Rauf As-Singkili memiliki banyak sekali guru. Salah satunya yaitu Ahmad Qusasi. Gurunya ini disebutnya sebagai .…
A. Pembisik spiritual dan guru di jalan Allah
B. Pembawa dan penyebar ilmu
C. Guru Rahmatallil ‘alamin
D. Guru pemberi ketenangan

Jawab: A

5. Ketika Syaikh Muhammad Arsyad al-Banjari merantau ke negeri Arab Mekkah untuk menuntut Agama Islam lebih mendalam beliau melakukan suluk dan khalwat. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menimba ilmu di Mekkah. Berapa lama beliau menimba ilmu di Mekkah ....
A. 34 tahun
B. 35 tahun
C. 36 tahun
D. 37 tahun

Jawab: B

6. Hikmah yang dapat diambil dari keteladannan Syeikh Abdur Rauf Singkel adalah.…
A. Berguru kepada semua orang
B. Belajar giat tanpa lelah
C. Belajar sesuai keinginan
D. Belajar berbagai kedisiplinan ilmu

Jawab: D

7. Salah satu tokoh Islam di Indonesia adalah Abdur Rauf Singkel yang memiliki banyak murid yang datang dari penjuru Nusantara. Beliau memiliki sekitar 21 karya tulis yang terdiri dari Kitab Tafsir, Kitab Hadits, Kitab Fikih dan sisanya Kitab Tasawuf. Salah satu Ibrah yang dapat kita teladani dari Abdur Rauf Singkel adalah ....
A. Gemar melakukan perjalanan jauh
B. Gemar membaca whatsaap
C. Gemar membaca facebook
D. Gemar membaca buku-buku pelajaran

Jawab: D

8. Syaikh Abdul Rauf as-Singkili, terkenal dengan ulama sufi yang membawa aliran tarikat dan mengembangkan di Indonesia. Nama tarekat yang dibawa beliau adalah ....
A. Syadziliyah
B. Qodiriyah
C. Naqsabandiyah
D. Sattariyah

Jawab: D

9. Abdul Rauf Al Fansuri atau lebih dikenal dengan sebutan Abdul Rauf Singkel adalah ulama besar dan tokoh tasawuf dari Aceh. Abdul Rauf memiliki sekitar 21 karya tertulis. Salah satunya adalah ….
A. Asy-Syihab
B. Turjuman Al-Mustafid
C. Tarsuman As-Singkili
D. Al Qonnun fii At tib

Jawab: B

10. Muhammad Aryad al-Banjari mewujudkan ceita-citanya dengan pergi ke tanah suci. Sepulangnya dari sana, beliau disambut dengan upacara adat banjar dengan sebutan ....
A. matahari Agama
B. matahari Dakwah
C. matahari Banjar
D. matahari Islam

Jawab: A

Bab : Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

1. Tahun 1912 adalah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam dibumi Nusantara. Yaitu dengan cara berfikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam, untuk kembali hidup menurut tuntunan ….
A. Al-Hadits dan Ijma
B. Al Qur’an dan Tradisi
C. Al-Qur’an dan Qiyas
D. Al-Qur’an dan Al-Hadist

Jawab: D

2. Selain sebagai seorang ulama yang mumpuni di berbagai bidang ilmu pengetahuan, Syaikh Hasyim Asy’ari juga seorang aktifis pergerakan atau organisasi. Dan salah satu bukti peran aktifitasnya di pergerakan adalah ....
A. Mendirikan organsasi Muhammadiyyah
B. Mendirikan organisasi Nahdlatul Ulama
C. Mendirikan pesantren-pesantren di Jawa Timur
D. Memimpin perebutan kota Surabaya dari Belanda dan Sekutu

Jawab: B

3. KH. Hasyim Asy’ari menyerukan resolusi jihad dan memfatwakan jihad yang saat ini dikenal dengan Hari Santri Nasional pada .…
A. 22 November 1946
B. 22 Oktober 1945
C. 23 Oktober 1945
D. 22 September 1947

Jawab: B

4. Dibawah ini yang merupakan hikmah/keteladanan yang dapat diambil dari KH. Hasyim ‘Asyari adalah ....
A. Kerja keras dan pantang menyerah
B. Pantang menyerah dan bermegah-megahan
C. Tawakkal dan suudzon
D. Pemberani dan sombong

Jawab: A

5. KH. M. Hasyim Asya’ari ketika di Mekkah, berguru kepada seorang Ulama’ asal Pacitan yang tinggal di Mekkah, siapakah Ulama’ yang di maksud ....
A. Syaikh Mafudz at-Tarmasi
B. Syaikh Mafudz
C. Syaikh at-Tarmasi
D. Syaikh Mahfudz al-Pacitani

Jawab: A

6. Siapakah nama ayah dari KH. M. Hasyim Asya’ari?
A. Kiayi Asyari
B. Kiayi Abdurrahman
C. Kiai Hasyim
D. Kiayi Wahid

Jawab: A

7. KH. M. Hasyim Asy’ari mendapatkan Ijazah Sanad (mata rantai) keilmuan langsung gurunya yang bernama Syaikh Mafudz at-Tarmasi ketika belajar di Mekkah. keilmuan apakah yang dimaksud?
A. Sahih Bukhari
B. Sahih Muslim
C. Sahih Turmudi
D. Sahih Khurairah

Jawab: A

8. Kisah perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, telah diangkat menjadi sebuah Film layar lebar. Judul film tersebut ....
A. Sang Kiyai
B. Sang Pejuang
C. Sang Pencerah
D. Sang Pahlawan

Jawab: C

9. Muhammadiyah mempunyai peranan yang sangat penting dalam dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bukti peran Muhammadiyah terhadap masyarakat dalam bidang Pendidikan saat ini adalah ….
A. UMS
B. UNS
C. UNISMA
D. UMNU

Jawab: A

10. KH. Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah sekaligus pendiri sebagai pendiri. KH. Ahmad Dahlan lahir di ....
A. Diwek Jombang
B. Karas Jombang
C. Tambak Beras Jombang
D. Yogjakarta

Jawab: D

Demikian bahasan latihan soal SKI kelas 9 SMP/MTs semester 2 dan kunci jawaban. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Latihan Soal SKI Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 dan Kunci Jawaban"