7 Nama Alam Ghaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir

Table of Contents

Dadanby - Setelah alam dunia beserta seluruh isinya hancur tanpa tersisa, maka Allah Swt akan membangkitkan kembali seluruh manusia di alam akhirat. Alam akhirat ini beragam namanya sebab di sana terdiri dari alam-alam yang ghaib yang berbeda tempat dan beda namanya. yang sekarang belum bisa diperlihatkan kepada manusia, namun sebagai umat muslim kita wajib untuk mempercayainya.

Alam-alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir nanti adalah alam-alam ghaib yang harus dilewati manusia setelah kiamat datang yang dimulai dari alam barzakh sampai hari pembalasan (surga atau neraka). 

Berikut ini adalah 7 nama alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir, yaitu antara lain:

1. Alam Barzakh

Yaitu alam kubur tempat manusia meninggal dunia. Di dalam alam kubur jika manusia yang telah meninggal dunia diperlihatkan dengan kedamaian, kesejukan, keindahan, dan segala kebahagiaan-kebahagian lainnya, maka pertanda manusia itu di hari akhir kelak akan masuk Surga. 

Tetapi sebaliknya jika manusia yang telah meninggal dunia di alam kubur ditampakkan oleh berbagai macam penderitaan dan siksaan, maka menandakan di akhirat manusia itu akan masuk neraka. 

2. Yaumul Ba’ats

Yaitu hari bangkit manusia dari alam kubur. Pada hari itu semua manusia yang telah meninggal dunia jasadnya diutuhkan lagi seperti sedia kala meskipun sudah meninggal dunia berabad-abad lamanya. Lalu manusia digiring ke suatu tempat yang disebut Padang Mahsyar. 

3. Yaumul Hasyr

Yaitu hari digiringnya manusia ke Padang Mahsyar setelah dibangkitkan dari kubur. Di Padang Mahsyar manusia dikumpulkan untuk dimintai pertanggungjawaban amal perbuatannya selama hidup di dunia. Malaikat pencatat perbuatan manusia akan menunjukkan kepada masing-masing orang atas izin Allah Swt. Tidak ada catatan yang salah apalagi catatan bohong karena selalu diawasi oleh Allah Swt. 

4. Yaumul Hisab

Yaitu hari dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar untuk dihitung amal perbuatannya selama hidup di dunia. Semua anggota tubuh akan bicara sendiri tanpa disuruh dan tanpa ditanyai. Malaikat sebagai pengawas ketika semua anggota tubuh bicara untuk mempertanggugjawabkan perbuatan manusia yang memilikinya. 

5. Yaumul Mizan

Yaitu hari dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar untuk ditimbang amal perbuatannya selama hidup di dunia. Sebagaimana saat dihitung amal perbuatan manusia, semua anggota tubuh juga berbicara sendiri-sendiri melaporkan atas apa perbuatan yang telah dilakukan oleh si empunya selama hidup didunia. 

6. Sirath


Yaitu jalan menuju surga. Sirath sering disebut sebagai jembatan sirathal mustaqim. Bagi manusia yang beramal baik berjalan lewat sirath akan sampai ke surga. Bagi yang beramal buruk jalannya tidak sampai ke surga tetapi jatuh ke jurang neraka. 

7. Yaumul Jaza (hari pembalasan)

a. Surga

Surga adalah sebutan sebuah tempat yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan di hari akhir. Surga disediakan bagi orang-orang yang takwa kepada Allah SWT. Gambaran kenikmatan di surga sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah Swt. : (QS. Hud ayat : 108 )

Artinya: Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tiada putus-putusnya, (QS. Hud: 108).

b. Neraka

Neraka adalah sebutan sebuah tempat yang penuh penderitaan dan siksaan di hari akhir. Neraka diperuntukkan bagi orang-orang yang durhaka dan mengingkari hukumhukum Allah Swt. Gambaran penderitaan di neraka diterangkan dalam firman Allah SWT. (Qs. Hud ayat: 106) 

Artinya: Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih), (QS. Hud ayat : 106).

Selanjutnya dalam Qs. Hud ayat :107

Artinya: Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki (QS. Hud:107).

Tanda-Tanda Adanya Hari Akhir (Hari Kiamat)

1. Tanda Kiamat Sughra (tanda-tanda kiamat kecil) 

Maksudnya tanda-tanda hari akhir yang dapat kita saksikan di dunia ini, antara lain: 
  1. Rusak/ hancurnya sesuatu di dunia ini/ kematian kemaksiatan
  2. Banyak orang tidak tahu malu sehingga berbuat maksiat tidak merasa dosa/ salah/ malu 
  3. Banyak masjid megah tapi hanya sedikit jamaah
  4. Semakin banyak generasi muda dalam pergaulan bebas 
  5. Banyak yang durhaka kepada orang tuanya 
  6. Semakin banyak laki-laki berpenampilan seperti perempuan atau perempuan berpenampilan seperti laki-laki 
  7. Ilmu agama sudah diabaikan 
  8. Korupsi merajalela dan hidup bermegah-megahan 
  9. Semakin sedikit perlaku orang yang Qur’ani 
  10. Banyak berdatangan di Majlis Ta’lim tetapi yang didapat hanya kumpul-kumpul saja
  11. Banyak orang yang enggan mengaji dan mengkaji ilmu agama 
  12. Banyak orang yang hanya memikirkan kepentingan duniawi saja
  13. Menghambur-hamburkan harta dan enggan bershadaqah 
  14. Menggunakan Media Sosial tidak pada tempatnya (menggunakan untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya bahkan untuk maksiat).
2. Tanda Kiamat Kubra (tanda-tanda kiamat besar) 

Maksudnya tanda-tanda yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt dan akan terjadi pada saat mendekati hari akhir, antara lain: 
  1. Turunnya Dajjal 
  2. Turunnya binatang melata yang aneh 
  3. Matahari terbit dari sebelah barat (tempat terbenamnya, berlawanan dengan tempat terbitnya) 
  4. Keluarnya gas beracun dari semua sudut bumi
Cerminan Perilaku Orang-orang Yang Beriman Kepada Hari Akhir

Adapun perbuatan perilaku orang yang mencerminkan beriman kepada hari akhir, ia dapat memperlihatkan hal-hal sebagai berikut dalam menjalani roda kehidupannya, antara lain: 
  1. Menjaga pikiran, sikap, dan perilaku dari akhlak tercela seperti: su’uzan, hasad, dendam namimah, tamak.
  2. Memupuk perilaku dari akhlak yang terpuji seperti: husnuzan, bertanggungjawab, amanah, dan sebagainya. 
  3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. 
  4. Memperbanyak zikir dan bershalawat 
  5. Berzikir untuk mengingat Allah Swt serta mohon ampun atas kesalahan-kesalahan. 
  6. Bershalawat untuk menyanjung dan mendoakan Rasulullah Muhammad Saw. sebagai rasa kecintaan kepada Nabi Saw. dan agar kelak kita mendapat syafaat di hari kiamat. 
  7. Selalu membaca Al-Qur’an sebagai orang yang beriman kepada hari akhir semestinya selalu membaca dan mengkaji ayat-ayat al-Qur’an selain untuk menambah pahala juga sebagai pengingat kelak dunia dan seisinya akan berakhir dan al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia juga bercerita tentang hari akhir. 
  8. Bergaul dengan orang-orang shalih. Dengan siapa kita berteman dapat menandakan akhlak kita seperti apa. 
  9. Jika kita berteman dengan orang shalih berarti kita termasuk orang yang shalih. Begitu sebaliknya. Berarti teman dapat membawa kita ke arah baik atau buruk. Maka hati-hati dalam memilih teman. 
  10. Mengembangkan potensi diri setiap orang memiliki potensi yang berbeda. Selama potensi itu baik, maka perlu dikembangkan agar lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan mungkin bagi orang lain. 
  11. Memupuk tali persaudaraan dan silaturrahmi, zaman sudah akhir dan suatu saat akan terjadi hari akhir. 
Demikianlah pembahasan mengenai 7 nama alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir, semoga bermanfaat.
Sumber: materi akidah akhlak_mts
Dan's
Dan's العِلْمُ صَيْدٌ وَ الْكِتَابَةُ قَيْدُهُ

Post a Comment