Sejarah Singkat Perkembangan Islam di Indonesia


Dadanby - Para ahli sejarah menuturkan bahwa proses terjadinya perkembangan Islam di Indonesia ini terjadi pada kisaran abad ke-12 sampai dengan abad ke-16 Masehi. Bahwa proses perkembangan Islam di Indonesia diyakini melalui tiga pulau besar yang ada di Nusantara Indonesia, yaitu pulau Sumatera, pulau Jawa dan pulau sulawesi.

Perkembangan Islam di Pulau Sumatera

Pada sekitar abad ke-7 masehi, daerah pulau Sumatera dibagian utara merupakan pusat perdagangan rempah-rempah yang banyak di kunjungi, terutama pengunjung yang sekaligus sebagai pedagang-pedagang yang datang dari tanah Arab banyak yang berlabuh di situ untuk melakukan transaksi perdagangnya.

Tempat ini sangat strategis keberadaannya karena berada di ujung pulau sumatera, sebagai tempat untuk menunggu datangnya angin musim dari timur laut yang mengarah ke barat. Dalam masa penantian itu para pedagang khususnya yang dari Arab memanfaatkannya untuk melakukan aktifitas lain yakni aktifitas menyebarkan Islam (dakwah).

Saat itu di daerah sumatera bagian selatan terdapat sebuah kerajaan Budha Sriwijaya pada abad ke-13 sedang mengalami kemunduran, hal ini dimanfaatkan oleh kerajaan baru yang bernafaskan Islam yakni kerajaan Samudera Pasai muncul sebagai kekuatan yang baru.

Perkembangan Islam di Pulau Jawa

Para ahli sejarah memperkirakan bahwa perkembangan Islam di daerah Jawa berasal dari Malaka, waktu tepatnya tidaklah diketahui secara pasti. sebagai bukti tertua tentang adanya Islam di pulau Jawa berasal dari batu nisan Fatimah binti Maimun di daerah gresik, yang berangka tahun 1082 Masehi. Memasuki akhir abad ke-13 bukti-bukti hadirnya agama Islam di pulau Jawa banyak di temukan pada peninggalan-peninggalan batu nisan yang bercorak Islam di daerah Troloyo, Trowulan dan gresik.

Di dalam cerita Ma-Huan tahun 1416 masehi terdapat keterangan tentang adanya orang-orang muslim yang pernah tinggal di daerah Gresik, hal ini membuktikan bahwa orang-orang muslim pernah tinggal di kota pelabuhan gresik. Dengan ini membuktikan bahwa komunitas muslim mulai berkembang baik di jawa, terutama di kota-kota yang terletak di daerah pelabuhan. 

Di awal abad ke-15 masehi, kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Kota-kota pelabuhan seperti Tuban dan Gresik muncul sebagai pusat penyebaran agama Islam. Dari kedua kota ini pengaruh agama Islam menyebar ke kota-kota pelabuhan lain seperti Demak hingga ke pelabuhan Maluku.

Kemudian dari Demak pengaruh Islam menyebar ke pulau-pulau lainnya yang merupakan tempat perdagangan yang ramai dikunjungi seperti daerah Cirebon, Sunda Kelapa dan Banten.

Perkembangan Islam di Sulawesi

Perkembangan agama Islam di Sulawesi diperkirakan terjadi pada abad ke-16 masehi, di daerah Sulawesi ini proses Islamisasi terjadi melalui konversi/perubahan agama di dalam pusat kekuasaan Istana kerajaan (keraton). Terjadinya Islamisasi di Sulawesi ini dengan adanya konversi agama ini dengan tetap melanjutkan kekuasaan yang sudah ada sejak lama.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Semoga ada hikmah dan manfaatnya untuk generasi saat ini dan yang akan datang.