10 Tanda-Tanda Hari Kiamat Kubra

Table of Contents

Dadanby - Peristiwa akan terjadinya hari Kiamat pasti akan terjadi, tetapi waktu dan kapan terjadinya hari itu tidak ada seorangpun makhluk di dunia ini yang mengetahuinya bahkan termasuk seorang Nabi sekalipun. Kepastian datangnya hari Kiamat sudah dikabarkan Allah SWT dalam kitab Al-Qur'an, bahwa hari kejadiannya pastilah datang dan jaraknya sudah dekat.

Mempercayai tentang adanya hari Kiamat termasuk rukun iman yang kelima, maka bila saja kita tidak mempercayai salah satu dari rukun iman tersebut, maka kita akan dianggap telah keluar atau diluar dari keislaman. Berikut adalah 10 (sepuluh) tanda-tanda hari kiamat Kubra dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 7:

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٞ لَّا رَيۡبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبۡعَثُ مَن فِي ٱلۡقُبُورِ ٧

Artinya : "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya". (Qs. Al-Hajj ayat: 7)

Hari kiamat adalah hari akhir bagi seluruh makhluk hidup yang pernah diciptakan Allah swt di atas bumi, semuanya akan musnah tak terkecuali termasuk Jin dan para malaikat yang pernah bertugas di alam ini semuanya akan mati. Sebelum hari besar itu terjadi akan ada tanda-tanda menjelang hari Kiamat itu terjadi.

Menurut pandangan agama Islam, untuk masalah urut-urutan tentang tanda-tanda hari kiamat kubra, para ahli tafsir dan ilmu hadits menyatakan masih tidak berurutan, karena diantara para ahli tafsir dan ahli hadits serta dari keterangan pendapat lainpun masih ada perbedaan pendapat mengenai urutan-urutannya. 

Berikut 10 (sepuluh) tanda-tanda hari Kiamat Kubra.

1. Terjadinya Dukhon

Dukhon adalah terjadinya kabut asap yang menyelimuti seluruh bumi. Masa terjadinya dukhon ini selama 3 tahun. Setelah dukhon, kemudian Al-Mahdi muncul mendekati usianya ke-40 tahun. 

2. Munculnya Dajjal
Dajjal merupakan makhluk masih berasal dari keturunan dari bani Adam berarti masih manusia, ia adalah pembawa fitnah terbesar dimuka bumi, adapun masa kehidupan Dajjal ini akan berlangsung selama 1 tahun 2 bulan 22 hari.

3. Turunnya Nabi Isa as
Dikabarkan bahwa Nabi Isa as akan turun lagi kedunia ini di atas Masjid yang mempunyai menara putih.

4. Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj 
Ya'juj dan Ma'juj adalah dua bangsa perusak yang pernah di kurung oleh Zulkarnain dan bala tentaranya di antara dua buah gunung. Ya'juj dan Ma'juj ini masih berada di akhir fase ke-4 (berakhirnya fase ke 4).

5. Terbitnya Matahari dari sebelah barat
Terbitnya matahari dari tempat terbenamnya ini sebagai pertanda ditutupnya pintu taubat bagi umat manusia.

6. Keluarnya binatang Dabbatul Ard (Dabbah) dari perut Bumi
Keterangan mengenai akan keluarnya sejenis binatang melata dari perut Bumi ini, tertuang dalam kitab suci al-Qur'an Surat An-Naml ayat 82.

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الأرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya : “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (Qs. An-Naml ayat : 82)

7. Datangnya angin lembut pembawa kematian yang sumbernya dari Yaman. 
Siapapun yang beriman akan dijumpai oleh angin tersebut, maka orang itu akan meninggal. Serentak satu muka bumi orang-orang yang beriman akan meninggal. Lalu 1 sampai 2 generasi terjadinya tanda kiamat yang ke 8, 9, 10.

Bagi umat Islam hanya akan menyaksikan dan merasakan tanda-tanda kiamat kubra itu hanya sampai tanda yang ke-7 dari 10 tanda-tanda hari kiamat kubra. Untuk tanda-tanda hari kiamat yang ke 8, 9 dan 10 akan di alami oleh umat manusia yang masih hidup yang tetap dalam kekafirannya.

8. Terjadinya gerhana matahari 3 kali berturut-turut

9. Terjadinya gempa bumi di sebelah barat, sebelah timur dan di Arab yang mengakibatkan terjadinya penenggelaman bumi sebelah timur dan sebelah barat

10. Keluarnya api dari negeri Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat berkumpulnya.

Demikian bahasan tentang 10 (sepuluh) tanda-tanda hari kiamat kubra, semoga dengan adanya berita seperti ini akan menambah dan mempertebal rasa keyakinan dan keimanan kita terhadap Allah swt. Yang benar hanya dari Allah SWT dan yang salah itu karena keawaman penulis.
Dari berbagai sumber. Wallaahu a'lam.
Dan's
Dan's العِلْمُ صَيْدٌ وَ الْكِتَابَةُ قَيْدُهُ

Post a Comment