Tahapan Pelaksanaan P5-PPRA di Madrasah
Untuk dapat melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah (P5-PPRA), maka diperlukan langkah-langkah tentang alur pelaksanaan dan perencanaan yang baik agar kegiatannya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.
Pembentukan tahapan sebelum adanya pelaksanaan kegiatan P5-P2RA adalah rangka menciptakan kooordinasi yang selaras dengan semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru dan peserta didik agar mencapai tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan bersama dengan kata lain jangan ngasal atau asal jadi.
Berikut adalah tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah (P5-PPRA) di Madrasah, diantaranya:
1. Membentuk Tim Fasilitator
- Kepala madrasah membentuk tim fasilitator
- Tim berperan merencanakan dan melaksanakan untuk semua kelas
- Tim terdiri dari koordinator Projek tingkat madrasah, koordinator tingkat kelas atau fase dan anggota sesuai kebutuhan madrasah
2. Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Madrasah
Kepala madrasah bersama tim fasilitator merefleksi dan menentukan kesiapan madrasah dengan kriteria sebagai berikut:
- Tahap Awal: Jika pembelajaran berbasis projek belum menjadi kebiasaan madrasah
- Tahap Berkembang: Jika madraah memiliki sistem yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis projek (melakukan evaluasi berkala dan pengayaan pendidik melalui pembelajaran berbasis projek)
- Tahap Lanjutan: Jika madrasah sudah memiliki sistem yang mendukung dan melibatkan mitra
3. Merancang dimensi, Tema dan Alokasi Waktu
Tim fasilitator menentukan fokus dimensi profil pelajar pancasila dan tema projek serta merancang jumlah projek beserta alokasi waktunya (dimensi dan tema dipilih berdasarkan kondisi dan kebutuhan madrasah)
4. Menyusun Modul Projek
Tim fasilitator menyusun modul proyek sesuai tingkat kesiapan satuan pendidikan dengan tahapan umum :
- Menentukan Sub elemen (tujuan projek).
- Menentukan topik, alur dan durasi projek
- Mengembangkan aktifitas dan asesmen projek
5. Merancang Strategi Pelaporan Pajak
Tim fasilitator merencanakan strategi pengolahan dan pelaporan hasil projek
Post a Comment for "Tahapan Pelaksanaan P5-PPRA di Madrasah"