Kisah Nabi Yakub AS dan Keluarganya

Table of Contents

Dadanby - Nabi Yakub yang dalam bahasa arab ditulis dengan kata Ya'qub. Dalam kitab al-Quran nama Yakub disebutkan sebanyak 16 kali dan disebut dengan kalimat Israil sebanyak dua kali. Kisah Nabi Yakub tidak dijelaskan kepada kaum mana beliau di utus, namun disebutkan bahwa ia selalu mengingatkan manusia kepada negeri akhirat.

Dalam sebuah perjalanan menuju rumah pamannya di Mesopotamia, nabi Yakub tertidur dengan berbantalkan batu, lalu ia bermimpi melihat tangga terusun antara bumi dan langit dan malaikat naik turun tangga itu, kemudian Allah berfirman bahwa Yakub akan memiliki keturunan yang banyak, memberkahinya dan selalu menyertainya.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman dalam surat Sad ayat 45-47, berbunyi:

وَاذْكُرْ عِبٰدَنَآ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ اُولِى الْاَيْدِيْ وَالْاَبْصَارِ ٤٥ اِنَّآ اَخْلَصْنٰهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِۚ ٤٦ وَاِنَّهُمْ عِنْدَنَا لَمِنَ الْمُصْطَفَيْنَ الْاَخْيَارِۗ ٤٧

Artinya : 
45. Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishak dan Yakub yang mempunyai kekuatan-kekuatan yang besar dan ilmu-ilmu (yang tinggi).
46. Sungguh, Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan) akhlak yang tinggi kepadanya yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.
47. Dan sungguh, di sisi Kami mereka termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.

Silsilah Keluarga

Nama ayah : Ishak, yaitu putra nabi Ibrahim dan siti Sarah
Nama Ibu : Ribka, yaitu yaitu putri Betuel bin Nahor. Nahor adalah saudara Ibrahim
Kaka kembar : Esau

Pasangan/Istri

Nabi Yakub menikahi 4 (empat) orang Istri, yaitu: 
1. Lea (putri Laban)
2. Rahel (putri Laban)
3. Zilpa (pelayan Lea)
4. Bilha (pelayan Rahel) 

Keturunan

Nabi Yakub disebut juga dengan sebutan Israil sehingga keturunannya disebut dengan Bani Israil. Nama suku Bani israil yang berjumlah 12 itu berasal dari nama putra nabi Yakub alaihissalam. Berikut anak-anak nabi Yakub berdasarkan urutan kelahiran:

Dari Lea, melahirkan beberapa putra: Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Zebulon dan Dina (perempuan)
Dari Rahel, melahirkan dua orang putra : Yusuf dan Benyamin
Dari Zilpa, melahirkan dua orang putra: Gad dan Asyer
Dari Bilha, melahirkan dua orang putra: Dan dan Naftali

Dari 12 nama anak ini kelak menjadi nama-nama suku bangsa di tanah Palestina.

Wasiat

Sebelum meninggal nabi Yakub berwasiat kepada putra-putranya, dan ini disebutkan dalam al-Quran. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Yakub bertanya pada anak-anaknya, Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab, "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, yaitu Ibrahim, Isma'il, dan Ishaq, Tuhan Yang Maha Esa dan kami berserah diri kepada-Nya.

Dalam Alkitab wasiat nabi Yakub terkait peran dari keturunan anak-anaknya di masa mendatang, seperti keturunan Yehuda akan mewarisi tongkat kerajaan, keturunan Zebulon akan tinggal di tepi laut dan menjadi pangkalan kapal, keturunan Asyer akan memiliki makanan mewah berlimpah dan akan memberikan santapan raja-raja, dan keturunan Naftali akan dikaruniai anak-anak yang indah.

Wafat

Menurut Alkitab dijelaskan bahwa Yakub wafat pada usia 147 tahun. Jenazahnya kemudian dirempah-rempahi selama empat puluh hari dan bangsa Mesir berkabung selama tujuh puluh hari. Setelahnya, jenazah Yakub diantar ke Palestina dan diiringi putra-putranya, para pegawai raja, dan para sesepuh istana. 

Penduduk Palestina yang melihat prosesi itu menyebutkan bahwa perkabungan orang Mesir amat riuh. Yakub kemudian dikebumikan di Gua Makhpela di Hebron, di tempat jenazah Sarah, Ibrahim, Ishaq, Ribka, dan Lea juga dikebumikan. Setelah menjadi wilayah kekhalifahan, didirikanlah sebuah masjid di tempat itu yang bernama Masjid Ibrahimi.
Dzul
Dzul العِلْمُ صَيْدٌ وَ الْكِتَابَةُ قَيْدُهُ

Post a Comment