Memilih Media yang Tepat untuk Berkomunitas

Sekarang adalah masa dimasa kita dihadapkan kepada banyak pilihan untuk hidup dalam komunitas, terutama komunitas-komunitas aksi di dunia maya. Jaringan internet sudah hampir menyebar ke seluruh pelosok negeri meski dengan tingkat kecepatan akses yang masih beragam. Kebutuhan layanan pulsa, data, kuota dan layanan wifi sudah menjadi kebutuhan pokok dewasa ini.


Dengan internet segala bidang kehidupan hampir 90% bisa dilakukan di dunia maya, seperti berbelanja, daftar sekolah, cari pekerjaan, transfer dan tarik uang dan sebagainya. 

Dalam berbagai kemudahan dan berbagai macam hiruk pikuk kebisingan yang setiap saat melewati beranda sosial media kita, tentunya kita membutuhkan satu tempat yang sesuai dengan fashion kita dan dijadikan sebagai lahan berkomunitas.

Berikut adalah alat media sosial populer menurut peruntukkannya yang sesuai dengan bidang profesi penggunanya, diantaranya:

1. Blog

Blog adalah layanan media yang berbasis kata, hampir semua kalangan masyarakat bisa menggunakan platform ini mulai dari kaum pendidik, pelajar, artis, buruh, pengusaha, seniman, kreator. Meskipun semua kalangan bisa menekuni media blog ini, namun tidak semua kalangan dianggap cocok dalam komunitas ini. 

Platform blog ini direkomendasikan digunakan oleh kalangan para penulis, media pemberitaan dan pebisnis sebab media ini bahan utamanya adalah tulisan. Media blog bisa menyajikan data yang lengkap, berbeda dengan YouTube yang berbasis video yang banyak menampilkan sisi videonya namun minim data.

2. YouTube

YouTube merupakan media berbasis video, semua kalangan masyarakat bisa menggunakan platform ini mulai dari kaum pendidik, pelajar, artis, buruh, pengusaha, seniman dan kreator. Sama juga meskipun media YouTube ini bisa digunakan oleh semua kalangan.

Namun, media YouTube ini lebih cocok di pakai oleh kalangan kreator seperti: media perfilman, artis,  sineas, media dakwah dan media pemberitaan yang membutuhkan akses siaran langsung.

3. X

Adapun platform X meskipun semua kalangan masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini, namun platform media sosial ini kebanyakan penggunanya adalah berasal dari kalangan politikus pejabat pemerintahan. Aplikasi ini cocok bagi mereka yang suka dengan tulisan dan percakapan singkat.

4. Instagram

Instagram merupakan aplikasi milik perusahaan Meta, yang mana aplikasi ini sering disebut sebagai mini YouTube karena mengutamakan gambar dan video. Aplikasi instagram dijadikan sebagai tempat berkomunitas yang kebanyakan terdiri dari pada para seniman, artis dan tokoh agama, tokoh masyarakat untuk berbagi aktifitas dan karyanya.

5. Facebook

Facebook merupakan aplikasi milik perusahaan Meta,  pengguna facebook berasal dari semua kalangan. Platform ini bisa digunakan oleh siapa saja dan tidak ada kekhususan di dalamnya tidak seperti aplikasi lainnya.

Facebook sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk membentuk berbagai komunitas, dari mulai pelajar, pendidik, pedagang dan organisasi. Platform facebook menyediakan berbagai menu untuk membuat grup sesuai dengan komunitasnya masing-masing.

6. Tik Tok

Tik Tok adalah aplikasi yang populer saat ini, penggunanya berasal dari semua kalangan karena platform ini menyediakan berbagai tool atau alat yang dibutuhkan para penggunanya. Awalnya aplikasi ini hanyalah aplikasi bagi mereka yang suka dengan konten hiburan, namun seiring waktu aplikasi ini telah merambah ke berbagai jenis komunitas.

Dalam pemberitaan seringkali terdengar, bahwa aplikasi ini dilarang penggunaannya di negara-negara tertentu. Kenapa ini terjadi, karena aplikasi ini sangat di gandrungi para pengguanya terutama dari kalangan remaja di seluruh dunia dan ancaman pada bidang kegiatan bisnis di negara tersebut.

Kesimpulan

Media sosial merupakan alat untuk akses berbagi informasi dan komunikasi, selebihnya kita tinggal memilih saja platform mana saja yang sekiranya cocok dengan gaya kehidupan kita lalu kita kembangkan disitu, dan platform mana yang harus kita batasi atau kita tinggalkan karena tidak sesuai dengan gaya kehidupan kita.

Post a Comment for "Memilih Media yang Tepat untuk Berkomunitas"