3 Manfaat P5-PPRA dalam Kurikulum Merdeka

Dalam pelaksanaan kegiatan P5-PPRA, tentunya harus mengandung manfaat yang dapat dirasakan oleh pendidik maupun peserta didik yang dalam hal ini peserta didik adalah sebagai objek utama dalam kegiatan proses pembelajaran.


Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka menekankan bahwa yang harus menjadi objek pembelajaran itu berpusat di peserta didik, adapun guru hanyalah sebagi fasilitator atau pelayan untuk memberikan atau mengarahkan tentang pembelajaran apa yang peserta didik inginkan.

Namun demikian sayangnya hal ini tidak memiliki kesamaan antara sekolah di perkotaan dan yang di daerah-daerah terpencil dengan akses internet yang masih minim. Adapun kegiatan P5-P2RA ini sedikit banyaknya banyak menggunakan fasilitas koneksi internet.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin bermanfaat bagi seluruh anggota komunitas satuan pendidikan, yaitu bagi:

1. Satuan Pendidikan
  • Menjadikan satuan pendidikan berkontribusi terhadap lingkungan dan komunitas sekitarnya
  • Menjadikan satuan pendidikan terbuka bagi peran serta masyarakat dalam mengembangkan pembelajaran

2. Pendidik
  • Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka, berkolaborasi dengan pendidik mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran
  • Mengembangkan kompetensi sebagai periset dan pengembang pembelajaran
  • Berkontribusi aktif dalam memperkuat pendidikan karakter

3. Peserta Didik
  • Memberi ruang peserta didik mengembangkan potensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar
  • Memberi pengalaman nyata untuk membentuk kepedulian terhadap lingkungan dan komunitas sekitarnya.

Demikian tentang manfaat pelaksanaa kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA).

Post a Comment for "3 Manfaat P5-PPRA dalam Kurikulum Merdeka"