Latihan Soal PAT SKI Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban
Dalam rangka mempersiapkan untuk menghadapi ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT), maka kami buatkan latihan soal PAT SKI Kelas 8 semester 2. Latihan soal ini bisa digunakan sebagai sarana latihan soal online bagi para siswa dimanapun berada.
Latihan soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk mata pelajaran SKI kelas 8 semester 2 ini seluruhnya berjumlah sebanyak 45 butir soal yang terdiri dari 40 soal untuk pilihan ganda dan 5 soal untuk soal uraian.
I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban dari A, B, C dan D dibawah ini dengan tepat dan benar!
1. Daulah Ayyubiyah merupakan sebuah daulah besar yang berbentuk dinasti. Wilayah kekuasaannya meliputi timur tengah. Berkuasa antara abad ke-12 sampai abad ke-13. Dinasti ini berdiri di Mesir menggantikan kekuasaan sebelumnya….
a. Dinasti Abbasiyahb. Dinasti Buwaihiyah
c. Dinasti Fatimiyah
41. Faktor pendukung berdirinya Dinasti Ayyubiyah:
42. Kebijakan Shalahudin dalam membangun pemerintahannya:
43. Isi perjanjian antara Al-Kamil dengan Frederick II pada tahun 1229:
Frederick II diberikan kontrol atas Yerusalem tanpa pertumpahan darah, dengan syarat bahwa kota tersebut tetap aman untuk umat Muslim dan Kristen.
44. Sifat-sifat keperwiraan Shalahudin yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:
45. Ibrah yang dapat kita ambil dari sejarah Dinasti Ayyubiyah:
d. Dinasti Mamlukiyah
Jawaban : C
2. Dinasti Ayyubiyah merupakan sebuah dinasti yang berdiri pada saat berkuasanya Dinasti Abbasiyah di Baghdad dan kemudian menjadi sebuah dinasti besar yang mengalami berbagai kemajuan dan berkuasa selama….
a. 500 tahun
b. 300 tahun
c. 90 tahun
d. 75 tahun
Jawaban : C
3. Setelah khalifah terakhir Dinasti Fatimiyah meninggal dunia, maka kekuasaan atas Mesir dipegang penuh oleh Wazir yang berkuasa pada saat itu. Inilah merupakan cikal bakal berdirinya Dinasti Ayyubiyah yang didirikan oleh….
a. Nuruddin Zanki
b. Shalahuddin Al Ayyubi
c. Asaduddin Syirkuh
d. Najmuddin Ayyub
Jawaban : B
4. Dinasti Ayyubiah adalah salah satu Dinasti yang berdiri di Mesir, namun Ayyubiyah sendiri di ambil dari nama….
a. Ayyub bin Sazdi
b. Shalahuddin Al Ayyubi
c. Namuddin Ayyub
d. Assaduddin Syirkuh
Jawaban : C
b. Kecintaannya kepada rakyat dan tanah airnya
c. Kebijaksanaannya dalam memimpin kekuasaan
d. Jasanya yang telah berhasil mengusir pasukan salib
5. Shalahuddin Al Ayyubi mengawali karir politiknya ketika usianya masih sangat muda. Tahun 1164 ia mengikuti ekspedisi bersama pamannya ke Mesir. Lima tahun kemudian, Shalahuddin di angkat menjadi wazir oleh penguasa Dinasti Fatimiyah menggantikan pamannya yang meninggal dunia. Sebagai wazir ia di anugerahi gelar Al-Malik al-Nasir karena….
a. Ketegasannya dalam mengambil keputusan b. Kecintaannya kepada rakyat dan tanah airnya
c. Kebijaksanaannya dalam memimpin kekuasaan
d. Jasanya yang telah berhasil mengusir pasukan salib
Jawaban : D
b. Pendidikan madrasah
6. Keberhasilan sebuah Dinasti, tidak terlepas dari sistem pendidikan yang di terapkan oleh para penguasanya, salah satu faktor kegemilangan Dinasti Ayyubiyah adalah karena pendidikan yang diterapkan oleh Salahuddin Al Ayyubi yang menerapkan system….
a. Pendidikan boarding schoolb. Pendidikan madrasah
c. Pendidikan Maktab
d. Pendidikan Halaqah
Jawaban : B
7. Di puncak kejayaan Dinasti Ayyubiah, beragam jenis madrasah dibangun diseluruh wilayah kekuasaan Ayyubiah. Seperti Madrasah Nashiriyah di Fustat, Madrasah Al-Qomariyah, Madrasah As-Syafi’iyyah, Madrasah As Shahibiyyah di Damaskus, sedangkan di Kairo, Salahuddin membangun madrasah….
a. Nizamiyah
b. Ayyubiah
c. Salahiyah
d. Nuriyah
Jawaban : C
b. Menangkal popularitas pasukan Salib
c. Mengobarkan semangat perang prajurit Shalahuddin
d. Mengenalkan sejarah Nabi kepada rakyatnya
8. Diawal kepemimpian Shalahuddin Al Ayyubi, kondisi umat Islam pada saat itu dalam keadaan terpecah belah dengan semangat jihad yang sangat lemah, sementara pasukan tentara salib sangat banyak dan kuat, maka untuk itu Shalahuddin Al Ayyubi mengadakan perayaan maulid Nabi SAW dengan tujuan….
a. Bukti cinta Shalahuddin kepada Nabi Muhammad SAW b. Menangkal popularitas pasukan Salib
c. Mengobarkan semangat perang prajurit Shalahuddin
d. Mengenalkan sejarah Nabi kepada rakyatnya
Jawaban : C
9. Kekuatan militer Shalahuddin terkenal sangat tangguh, hingga sulit dikalahkan musuh. Kekuatan militer tersebut tidak terlepas dari usaha Shalahuddin membangun sebuah benteng pertahanan yang bernama….
a. Qol’atul Jabal
b. Hittin
c. Khandak
d. Jabal Rahmah
Jawaban : A
10. Pesatnya sektor pendidikan pada masa Dinasti Ayyubiyah ditandai dengan berdirinya madrasah-madrasah disetiap kota dan lahirnya para Ilmuwan muslim. Sehingga muncullah salah satu kota yang menjadi pusat pendidikan pada masa Dinasti Ayyubiyah….
a. Suriah
b. Allepo
c. Tikrit
d. Damaskus
Jawaban : D
b. Digunakannya mata uang dinar dan dirham
11. Dinasti Ayyubiyah mengalami kemajuan yang pesat dalam berbagai sektor termasuk di dalamnya bidang perekonomian, salah satu faktor yang mempengaruhi majunya perekonomian Dinasti Ayyubiyah adalah….
a. Tanah pertanian yang suburb. Digunakannya mata uang dinar dan dirham
c. Dibangunnay pasar yang canggih
d. Banyaknya yang investasi modal
Jawaban : A
12. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Membebaskan Yerussalem dari tentara Salib
2. Membuat kincir ciptaan orang Persia
12. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Membebaskan Yerussalem dari tentara Salib
2. Membuat kincir ciptaan orang Persia
3. Menciptakan alat-alat perang
4. Memiliki burung elang sebagai mata-mata dalam perang
Dari pernyataan di atas yang termasuk prestasi Dinasti Ayyubiyah di bidang militer terdapat pada kolom….
a. 2,3,4
b. 1,3,4
c. 3,2,1
d. 1,2,4
Jawaban : B
b. Perguruan tinggi
13. Al Azhar adalah lembaga keilmuwan yang terkenal pada masa Dinasti Ayyubiyah. Pendirinya merupakan jasa seorang panglima Dinasti Fatimiyyah atas perintah khalifah Al Muiz Li Dinillah. Yang pada awal berdirinya al Azhar ini berfungsi sebagai….
a. Masjidb. Perguruan tinggi
c. Perpustakaan
d. Tempat Musyawarah
Jawaban : A
14. Di bawah ini merupakan salah satu fungsi Al Azhar pada masa Dinasti Fatimiyyah, yaitu….
a. Lambing kepemimpinan spiritual islam
b. Tempat kajian mazhab Syi’ah
14. Di bawah ini merupakan salah satu fungsi Al Azhar pada masa Dinasti Fatimiyyah, yaitu….
a. Lambing kepemimpinan spiritual islam
b. Tempat kajian mazhab Syi’ah
c. Pusat kajian keilmuwan Islam
d. Perpustakaan terlengkap
Jawaban : C
b. Shalahuddin Al Ayyubi
15. Dinasti Ayyubiyah mengalami kemajuan dalam bidang kebudayaan dan peradaban Islam. Hal ini ditandai dengan berdirinya lembaga ilmu pengetahuan yang bernama Al Azhar yang didirikan oleh….
a. Ya’kub Ibnu Killisb. Shalahuddin Al Ayyubi
c. Al Muiz Li Dinillah
d. Jauhar Al Katib Al Siqli
Jawaban : C
16. Para pendiri Al Azhar berharap, Al Azhar akan membawa sinar terang dan kejayaan umat islam yang dapat menyinari dunia. Harapan itu dapat disaksikan dalam perjalanan sejarah Al Azhar yang cukup panjang. Nama al Azhar sendiri awalnya adalah….
a. Al Zaujiah
b. Al Qusyuriyah
c. Al Zahirah
d. Al Qahirah
Jawaban : C
17. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Lembaga ilmu pengetahuan
2. Perguruan tinggi
17. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Lembaga ilmu pengetahuan
2. Perguruan tinggi
3. Penyebaran ajaran Syi’ah
4. Tempat berkumpulnya ulama Islam
Dari pernyataan di atas merupakan fungsi Al Azhar sampai sekarang terdapat pada kolom…
a. 1,2,3
Dari pernyataan di atas merupakan fungsi Al Azhar sampai sekarang terdapat pada kolom…
a. 1,2,3
b. 2,4,1
c. 1,2,4
d. 4,2,1
Jawaban : C
b. Pusat kajian ajaran sunni
18. Perubahan fungsi Al Azhar terjadi setelah pergantian kekuasaan di mesir, dari Dinasti Fatimiyah ke Dinasti Ayyubiah. Pada masa Dinasti Ayyubiah Al Azhar berfungsi sebagai….
a. Pusat permusyawaratanb. Pusat kajian ajaran sunni
c. Pusat kajian aaran Syi’ah
d. Pusat Latihan militer
Jawaban : B
a. Menggunakan kekuatan militer
b. Menggunakan bujuk rayu
19. Setelah Salahuddin berhasil menguasai Mesir, langkah pertama yang dilakukannya adalah merubah mazhab resmi Negara dari Syi’ah menjadi Sunni. Berbagai usaha dilakukan Shalahuddin untuk mewujudkan tujuannya tersebut.
Diantara usahanya yang paling berhasil adalah….a. Menggunakan kekuatan militer
b. Menggunakan bujuk rayu
c. Memenjarakan ulama-ulama Syi’ah
d. Menyebarkan paham Sunni lewat pendidikan
Jawaban : D
b. Terjadi perang salib yang berkepanjangan
20. Setelah resmi menjadi penguasa Mesir, Shalahuddin Al Ayyubi mengeluarkan kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan Al Azhar, antara lain : al Azhar tidak boleh digunakan untuk shalat Jum’at dan kegiatan Madrasah. Alasannya adalah….
a. Al Azhar tidak didirikan oleh Shalahuddinb. Terjadi perang salib yang berkepanjangan
c. Digunakan untuk pengembangan ajaran Syi’ah
d. Terlalu jauh dari pemukiman penduduk
Jawaban : C
21. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Serangan tentara Mongol
2. Pemberontakan kaum Mamluk
21. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Serangan tentara Mongol
2. Pemberontakan kaum Mamluk
3. Pengangkatan sultan Sajarah Ad-Dur
4. Ketidak puasan atas para penguasa
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor runtuhnya Dinasti Umayyah terdapat pada kolom….
a. 1,2,3
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor runtuhnya Dinasti Umayyah terdapat pada kolom….
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 1,3,4
d. 3,2,1
Jawaban : A
22. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Al Adid dan Al Kamil
2. Al Aziz dan Al Mansur
22. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Al Adid dan Al Kamil
2. Al Aziz dan Al Mansur
3. Al Saleh dan Al Muazzam
4. Al Asyraf dan Al Adid
Dari pernyataan di atas yang merupakan khalifah terkenal Dinasti Ayyubiyah setelah Shalahuddin Al Ayyubi ditunjukkan nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban : A
23. Pada tahun 1169 M terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh orang-orang Kristen Koptik di wilayah Qift Mesir. Namun pemberontakan tersebut berhasil dipadamkan oleh salah seorang khalifah Dinasti Ayyubiah yang bernama…
a. Al Kamil
b. Al Aziz
c. Al Mansur
d. Al Adil
Jawaban : D
24. Salah seorang khalifah Dinasti Ayyubiyah yang dipuji tapi juga dicaci rakyatnya, karena telah mengembalikan Salib asli yang dahulu terpasang di kubah Baitul Makdis kepada orang Kristen adalah….
a. Al Mansur
b. Al Adid
c. Al Kamil
d. Al Aziz
Jawaban : C
25. Salahuddin Al Ayyubi memiliki nama lengkap Salahuddin Yusuf Al Ayyubi Abdul Muzafar bin Ayyub, Ia berasal dari bangsa Turki yang dilahirkan di Negara….
a. Iran
b. Irak
c. Mesir
d. Suriah
Jawaban : D
26. Shalahuddin Al Ayyubi adalah khalifah pertama Dinasti Ayyubiyah yang banyak sekali jasanya terhadap perkembangan agama Islam. Perjuangan Shalahuddin dalam mewujudkan tujuan utamanya yaitu mengeluarkan pasukan Salib dari Baitul Makdis, telah menghabiskan kekuatan dan mengganggu kesehatannya. Sehingga pada akhir musim dingin tahun 1193 M Shalahuddin Al Ayyubi meninggal di Damaskus, dalam usia….
a. 87 tahun
b. 77 tahun
c. 67 tahun
d. 57 tahun
Jawaban : C
b. Abu Abdullah Al Qud’i
27. Perjalanan hidup Shalahuddin Al Ayyubi dari awal sampai akhir hayatnya yang penuh dengan sejarah dan pengorbanan dalam perjuangannya telah ditulis dengan baik dalam sebuah biografi oleh seorang sekretaris pribadinya yang bernama…
a. Syaikh Abu Ja’farb. Abu Abdullah Al Qud’i
c. Bahaudin bin Syaddad
d. Abdul Latif Al Baghdadi
Jawaban : C
b. Mendapatkan banyak gelar dari Khalifah Abbasiyah
c. Tekun dan taat beribadah kepada Allah
d. Berhasil mengembalikan mazhab Sunni di Mesir
28. Salah satu alasan yang menjelaskan bahwa Shalahuddin dianggap sebagai seorang pembaharu di Mesir adalah karena…
a. Memimpin perang melawan pasukan salib b. Mendapatkan banyak gelar dari Khalifah Abbasiyah
c. Tekun dan taat beribadah kepada Allah
d. Berhasil mengembalikan mazhab Sunni di Mesir
Jawaban : D
b. Al Muiz li amiril mukminin
29. Berbagai usaha dan kebijakan Shalahudin telah berhasil memberikan kemajuan terhadap umat Islam umumnya dan Mesir khususnya. Maka karena jasa-jasa itulah khalifah Dinasti Abbasiyah yang sedang berkuasa saat itu memberikan gelar kepada Shalahudin Al Ayyubi yaitu…
a. Al Malik al Kamilb. Al Muiz li amiril mukminin
c. Al Malik al Nasir
d. Al Kamil li amiril mukminin
Jawaban : C
b. Mempertahankan popularitas
30. Hampir seluruh hidup Shalahudin dihabiskan untuk berperang, setidaknya ada beberapa peperangan yang dilakukannya. Namun semua peperangan tersebut dilakukan oleh Shalahudin dengan tujuan….
a. Membela Negara dan agamab. Mempertahankan popularitas
c. Membela keluarga besar Bani Ayyub
d. Mengumpulkan harta dan kekayaan
Jawaban : A
31. Salah satu keteladanan yang dapat diambil dari keperwiraan Shalahudin Al Ayyubi adalah…
a. Semangat yang tidak pernah padam dalam menghidupkan ruh jihad
b. Mengangkat pegawai yang bersekongkol dengan penjahat dan perampok
c. Menegakkan pemerintah yang bersih dan bebas dari koruptor
d. Menggunakan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri
31. Salah satu keteladanan yang dapat diambil dari keperwiraan Shalahudin Al Ayyubi adalah…
a. Semangat yang tidak pernah padam dalam menghidupkan ruh jihad
b. Mengangkat pegawai yang bersekongkol dengan penjahat dan perampok
c. Menegakkan pemerintah yang bersih dan bebas dari koruptor
d. Menggunakan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri
Jawaban : A
32. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Pertempuran Safuriyah
2. Pertempuran Hittin
32. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Pertempuran Safuriyah
2. Pertempuran Hittin
3. Pembebasan Baitul Makdis
4. Pertempuran Usfuriyah
Dari pernyataan di atas yang termasuk peperangan yang telah dialami oleh Shalahudin terdapat pada kolom….
a. 2,3,4
b. 2,3,4
c. 1,2,3
d. 1,3,4
Jawaban : C
b. Pemberontakan yang dilakukan Syawar
33. Sebagai khalifah pertama Dinasti Ayyubiyah, Shalahudin berusaha menyatukan seluruh provinsi Arab. Terutama di Mesir dan Syam di bawah satu kekuasaan. Namun usahanya ini banyak mendapat tantangan dari penguasa yang merasa kedudukannya terancam karena kepemimpinan Salahudin. Sehingga mereka melakukan pemberontakan diantaranya adalah….
a. Pemberontakan yang dilakukan oleh Dirgamb. Pemberontakan yang dilakukan Syawar
c. Pemberontakan Kristen Koptik
d. Pemberontakan yang dilakukan oleh Hajib
Jawaban : B
b. Mengusir pasukan salib dari tanah suci Baitul Makdis
c. Memiliki pasukan militer yang kokoh dan kuat
d. Menjadikan Dinasti Ayyubiah sebagai sebuah dinasti besar
34. Pemikiran Shalahudin senantiasa fokus untuk berjuang di jalan Allah SWT. Ia senantiasa meluangkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk memperkuat pasukan tentaranya serta mencari mujahid-mujahid dan senjata untuk berjihad. Hal ini di dorong oleh ambisi utama Salahudin yaitu…
a. Menyatukan seluruh wilayah muslim dalam satu komando b. Mengusir pasukan salib dari tanah suci Baitul Makdis
c. Memiliki pasukan militer yang kokoh dan kuat
d. Menjadikan Dinasti Ayyubiah sebagai sebuah dinasti besar
Jawaban : B
35. Pada masa Dinasti Ayyubiyah telah lahir ilmuwan muslim dari berbagai bidang Ilmu. Baik ilmu agama maupun ilmu sain. Salah satunya adalah As Suhrawardi al Maqtul, beliau seorang ilmuwan di bidang….
a. Filsafat
b. Tasawuf
c. Sejarah
d. Kedokteran
Jawaban : A
36. Diantara ilmuwan muslim yang lahir pada masa Dinasti Ayyubiyah adalah Ibnu al Azim. Beliau berasal dari Bani Jaradah yang pindah ke Allepo karena wabah penyakit, ia sendiri lahir di Allepo. Sejak tahun 1219 M ia mulai mengajar di Allepo setelah mendalami berbagai pengetahuan di Baitul Makdis, Damaskus, Hijaz, Irak dan Allepo. Salah satu karya nya yang terbesar adalah….
a. Zubbah Al Hallab
b. Risalah Al Thair
c. Awarif Al Ma’arif
d. Hikmah Al Isyraq
Jawaban : C
37. Al-Busyiri adalah seorang sufi besar, pengikut tarekat Syaziliyah. Ia menjadi salah satu murid Sultanul Auliya Syekh Abdul Hasan Asy Syazili. Di samping seorang sufi, Al Busyiri juga cukup menonjol di bidang sastra. Salah satu karyanya yang terkenal sebagai pencipta….
a. Qasidah Burdah
b. Nasyid al Busyiri
c. Qasidah al Busyiri
d. Qissah al Gurbah
Jawaban : A
b. Ibnu Khalikah: Fikih dan Sejarah
c. Muhammad bin Barakat: Hadits dan Fikih
d. Abdul latif al Baghdadi: Mantiq dan Bayan
38. Di bawah ini merupakan kesesuaian antara ilmuwan Dinasti al Ayyubiyah dengan karyanya adalah….
a. Abu Abdullah al Quda’i: Seni dan bahasa b. Ibnu Khalikah: Fikih dan Sejarah
c. Muhammad bin Barakat: Hadits dan Fikih
d. Abdul latif al Baghdadi: Mantiq dan Bayan
Jawaban : A
39. Perhatikan kesesuaian antara ilmuwan muslim dan hasil karyanya
Nama Ilmuwan dan Hasil Karya
(A) Abu Abdullah Muhammad Al Idrisi: Al Jamil li Asytat an Nabat
(B) Abu Abdullah Al Quda’i: Sandus Shihhah
(C) Syams al Din Ibn Khalikan: Wafiyat al A’yan
(D) Abu Al Qasim al manfaluti: Al Khutat Wa al Asar
Nama ilmuwan dan hasil karyanya yang sesuai terdapat pada kolom….
a. (C)
39. Perhatikan kesesuaian antara ilmuwan muslim dan hasil karyanya
Nama Ilmuwan dan Hasil Karya
(A) Abu Abdullah Muhammad Al Idrisi: Al Jamil li Asytat an Nabat
(B) Abu Abdullah Al Quda’i: Sandus Shihhah
(C) Syams al Din Ibn Khalikan: Wafiyat al A’yan
(D) Abu Al Qasim al manfaluti: Al Khutat Wa al Asar
Nama ilmuwan dan hasil karyanya yang sesuai terdapat pada kolom….
a. (C)
b. (B)
c. (D)
d. (A)
Jawaban : C
40. Pehatikan pernyataan berikut ini!
1. Musa bin Maimun ilmuwan ahli filsafat
2. Al Baitar ahli Botani
3. Syamsudin Khalikan ahli sejarah
4. Al Hufi ahli kimia
5. Daud Al Intaki ahli bidang pengobatan
40. Pehatikan pernyataan berikut ini!
1. Musa bin Maimun ilmuwan ahli filsafat
2. Al Baitar ahli Botani
3. Syamsudin Khalikan ahli sejarah
4. Al Hufi ahli kimia
5. Daud Al Intaki ahli bidang pengobatan
Dari pernyataan di atas kesesuaian ilmuwan muslim dengan bidang ilmu yang dikuasainya terdapat pada kolom…
a. 1,2,3,4
b. 1,3,4,5
c. 1,2,3,5
d. 1,2,4,5
Jawaban : D
II. Uraian/ Essay!
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas dan benar!
41. Apa faktor pendukung berdirinya Dinasti Ayyubiyah?
42. Bagaimana kebijakan Shalahudin dalam membangun pemerintahannya?
43. Bagaimana isi perjanjian antara Al-Kamil dengan Frederick II pada tahun 1229?
44. Apa saja sifat-sifat keperwiraan Shalahudin yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
45. Apa Ibrah yang dapat kita ambil dari sejarah Dinasti Ayyubiyah?
42. Bagaimana kebijakan Shalahudin dalam membangun pemerintahannya?
43. Bagaimana isi perjanjian antara Al-Kamil dengan Frederick II pada tahun 1229?
44. Apa saja sifat-sifat keperwiraan Shalahudin yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
45. Apa Ibrah yang dapat kita ambil dari sejarah Dinasti Ayyubiyah?
Kunci Jawaban
- Kekuatan militer yang dipimpin oleh Shalahuddin Al Ayyubi.
- Ketidakstabilan politik dan keruntuhan Dinasti Fatimiyah di Mesir.
- Dukungan dari tokoh-tokoh penting seperti Nuruddin Zanki.
42. Kebijakan Shalahudin dalam membangun pemerintahannya:
- Menerapkan kebijakan pemersatu umat Islam dengan menghapuskan perbedaan mazhab.
- Membangun infrastruktur dan pendidikan, termasuk mendirikan madrasah.
- Menguatkan militer dan memperkuat pertahanan negara.
43. Isi perjanjian antara Al-Kamil dengan Frederick II pada tahun 1229:
Frederick II diberikan kontrol atas Yerusalem tanpa pertumpahan darah, dengan syarat bahwa kota tersebut tetap aman untuk umat Muslim dan Kristen.
44. Sifat-sifat keperwiraan Shalahudin yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:
- Keberanian dalam menghadapi tantangan.
- Kepemimpinan yang bijaksana dan adil.
- Kecintaan pada agama dan rakyat.
- Semangat juang yang tinggi dan tidak mudah menyerah.
45. Ibrah yang dapat kita ambil dari sejarah Dinasti Ayyubiyah:
- Pentingnya persatuan umat dalam menghadapi ancaman.
- Nilai keberanian dan keteguhan dalam perjuangan untuk kebenaran.
- Peran pendidikan dalam kemajuan suatu peradaban.
- Kepemimpinan yang adil dan berbasis pada moralitas dan prinsip agama.
Demikian pembahasan tentang latihan soal PAT SKI Kelas 8 Semester 2 dan kunci jawaban, semoga dapat bermanfaat.
Post a Comment for "Latihan Soal PAT SKI Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban"