Prestasi Ali Bin Abi Thalib RA

Table of Contents

Dadanby - Kepemimpinan semasa Ali bin Abi Thalib merupakan kepemimpinan yang cukup berat, karena pada masa inilah banyak timbul benih-benih perselisihan yang terjadi di antara sesama saudara kaum muslimin. Namun meskipun berat sahabat Ali bin Abi Thalib mampu meredam berbagai gejolak yang terjadi dalam pemerintahannya dengan mengambil beberapa langkah tepat.

Sahabat Ali bin Abi Thalib menjadi khalifah menggantikan sahabat Utsman bin Affan yang meninggal karena dibunuh, proses pembunuhan tersebut terjadi ketika Utsman berada dirumahnya ketika sedang membaca al-Quran. Akibat adanya pembunuhan tersebut sebahagian kaum muslimin meminta agar Ali bin Abi Thalib segera mengadili para pembunuh itu.

Ketika tuntutan itu di suarakan sebagian kaum muslimin yang di antaranya juga ada siti Aisyah (istri rasul) juga meminta demikian, namun ternyata Ali bin Abi Thalib mengambil langkah lain, ia bermaksud membenahi struktur kepemimpinan dalam pemerintahan terlebih dahulu. 

Akibatnya dalam awal pembai'atannya sebagai khalifah ada sebagian tokoh muslimin menolak usulan tersebut.

Semasa sebagai Khalifah Khulafaurrasyidin, Ali bin Abi Thalib pernah membuat beberapa hal sebagai prestasi semasa kepemimpinannya. Berikut prestasi Ali bin Abi Thalib r.a. selama menjadi khalifah selengkapnya.

Prestasi-prestasi Ali bin Abi Thalib RA

Berikut ini adalah prestasi-prestasi Ali bin Abi Thalib Ra selama menjabat sebagai khalifah dimasa Khulafaur Rasyidin, antara lain:

1.  Menggantikan Para Pejabat Yang Kurang Cakap

Dalam pemikirannya khalifah Ali bin Abi Thalib menginginkan sebuah pemerintahan yang tanggap dengan respon yang cepat terhadap berbagai persolan rakyat, maka dari itu ia mengganti para pejabat yang di anggap kurang cakap dalam mengemban amanah sebagai pemimpin. 

Setelah di telusuri ternyata para pejabat yang digantikan itu banyak berasal dari keluarganya Utsman bin Affan ra, akibatnya ia semakin tidak sukai oleh kerabat Bani Umayyah. 

Nama-nama para pejabat yang diganti itu, antara lain :

⇒ Usman bin hanif - Gubernur Basrah
⇒ Sahl bin hanif - Gubernur Syiria
⇒ Umrah bin Syihab - Gubernur Kuffah
⇒ Ubaidillah bin Abbas - Gubernur Yaman
⇒ Qays bin Saad - Gubernur Mesir

2.  Memperbaiki dan Membenahi Sistem Keuangan Negara

Khalifah Ali bin Abi Thalib melihat para kerabat Utsman bin Affan memperoleh berbagai macam sarana dan prasarana pemerintahan. Maka dari itu Ali bin Abi Thalib bertanggung jawab agar hal tersebut tak terjadi lagi, maka ia menyita seluruh harta kekayaan para pejabat itu dan disimpan di Baitul Mal.

Akibat kebijakannya itu ia mendapat pertentangan dan perlawanan dari para mantan penguasa yang masih kerabat Utsman bin Affan, para mantan pejabat itu berusaha menghasut rakyat agar menentang dan memberontak terhadap pemerintahan sah Ali bin Abi Thalib, dengan adanya gerakan seperti itu maka terjadilah peperangan sesama kaum muslimin, peperangan itu dinamakan perang Jamal dan perang Shiffin.

3.  Membangun Bidang Infrastruktur Negara

Pada saat Ali bin Abi Thalib menjadi khalifah ia juga memperhatikan bidang pembangunan, meskipun sebahagian besar pemerintahannya ia fokuskan untuk membenahi berbagai sistem di dalam pemerintahannya. 

Ali bin Abi Thalib membangun kota Kuffah. Pada semasa awal didirikannya kota Kuffah adalah sebagai pusatnya pertahanan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan. 

Setelah sekian lama berdiri akhirnya kota Kuffah berkembang sebagai pusat ilmu Tafsir, ilmu Nahwu dan Hadits beserta berbagai macam disiplin ilmu lainnya.

4.  Mengembangkan Ilmu Bahasa / Sastra

Ketika Ali bin Abi Thalib berkuasa, wilayah kekuasaannya sudah mencapai wilayah India, pada zaman beliau huruf tulisan arab seperti hijaiyah belum dilengkapi tanda baca seperti fathah, dhomah, kasroh, siddah dan sukun dll. Akibat dari kekurangan itu banyak terjadi kesalahan dalam membaca teks kitab al-Qur'an serta hadits-hadits.

Maka Ali bin Abi Thalib memerintahkan Abu Aswad Ad Duali untuk mengembangkan pokok-pokok ilmu tentang ilmu Nahwu yang khusus mempelajari ketatabahasaan bahasa Arab. 

Dengan adanya ilmu tersebut diharapkan akan lebih memudahkan orang-orang azam atau luar arab mudah memahami Al-Quran dan Hadits Nabi saw.

Itulah beberapa macam prestasi Ali bin Abi Thalib ra yang pernah diraihnya semasa beliau menjabat sebagai khalifah. Semoga ada hikmah dan pelajaran buat kita semuanya.
Dan's
Dan's العِلْمُ صَيْدٌ وَ الْكِتَابَةُ قَيْدُهُ

Post a Comment